Week 4

1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge?

Tacit Knowledge adalah pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan skill seseorang dimana pengetahuan ini tidak dapat dibagikan kepada orang lain. Contohnya : pengalaman belajar berjalan pada seorang bayi Sedangkan Explisit Knowledge adalah pengetahuan yang dapat dibagikan kepada orang lain dalam bentuk buku refensi,artikel,seminar dan lain sebagainya. Contohnya : Kita dapat belajar Microsoft office dengan membaca buku di perpustakaan yang menyediakan buku tersebut.

2. Bagaimana proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi?

Proses transfer pada tacit knowledge berupa :

a) Berbagi pengalaman antara karyawan satu dengan karyawan lainnya melalui suatu cerita.Contoh : mengadakan meeting yang dihadiri oleh para karyawan, dimana mereka dapat saling berbagi pengalaman yang mereka dapatkan serta cara menanggulangi permasalahan yang ada.

b) Mengatur cara kerja suatu sistem dalam melakukan pekerjaan di suatu bagian ,dimana apabila bagian lain menggunakan sistem tersebut tidak harus mempelajari cara kerja sistem dari nol cukup dengan mengikuti instruksi yang telah diterapkan dalam sistem tersebut. Contoh : Membuat program penjualan untuk bagian Merchandising yang disertai langkah-langkah penggunaan aplikasi.

Proses transfer pada explicit knowledge berupa :

a) Mendokumentasi knowledge yang didapat dari karyawan. Contoh : membuat suatu buku yang berisi mengenai cara penggunaan aplikasi office , dimana karyawan tidak perlu membeli buku yang ada di pasaran cukup dengan meminjam buku tersebut.

b) Menggunakan jasa konsultan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam suatu organisasi, dimana permasalahan tersebut tidak dapat lagi ditanggulangi oleh pihak organisasi dan melakukan pembelajaran atas penyelesaian masalah tersebut. Contoh : Menyewa jasa Auditor untuk mengevaluasi Laporan Neraca suatu organisasi.

3. Jelaskan beda dan struktur perubahan dari data, informasi dan knowledge?

Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur (http://risyana.wordpress.com) Informasi adalah hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam mengambilan keputusan yang dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang (http://leuwiliang-bogor.blogspot.com) Knowledge merupakan campuran dari pengalaman, nilai, informal kontekstual, dan pandangan pakar yang memberikan kerangka untuk mengevaluasi dan menyatukan pengalaman baru dan informasi (http://cuap-cuapku.blogspot.com)

4. Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)

a) People

  • Mentransfer knowledge ke dalam suatu organisasi.
  • Faktor penggerak dalam mencapai suatu keberhasilan organisasi.

b) Process

  • Mengidentifikasi,mengembangkan dan mengevaluasi skill karyawan sehingga skill tersebut dapat diterapkan dalam suatu teknologi, dimana dengan adanya pemanfaatan teknologi ini para karyawan dapat bekerja secara optimal.

c) Teknologi

  • Penerapan skill dalam hubungannya dengan teknologi sehingga membantu memudahkan transfer knowledge antara satu karyawan dengan karyawan lain melalui penggunaan sistem informasi.

5. Jelaskan core process dari KM ?

Ada 6 tahapan core process dalam KM yaitu :

a) Knowledge Identification

Adalah mengidentifikasi dan menganalisa skill apa yang dimiliki oleh karyawan sehingga dapat memberikan kemajuan bagi suatu organisasi.

b) Knowledge Acquisition

Adalah menerapkan suatu skill baru selain skill yang sudah dimiliki oleh suatu organisasi.

c) Knowledge Development

Adalah mengembangkan skill yang ada dalam suatu organisasi.

d) Knowledge Sharing

Adalah menyebarkan suatu skill kepada karyawan lain melalui suatu media atau teknologi.

e) Knowledge Utilization

Adalah mengatur sedemikian rupa penerapan skill dalam suatu organissi sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

f) Knowledge Retention

Adalah menjaga agar skill yang terdapat dalam suatu organisasi tidak hilang dan  masih dapat digunakan dalam organisasi tersebut.

This entry was posted in Tugas Knowledge Management, Tugas Personal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *