Week 5

1.  Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Strategic, operational,normatif) ?

    • Knowledge Goal Strategic ; sasaran yang hendak dicapai yang bersifat jangka panjang dan digunakan untuk menganalisa kebutuhan pasar sehingga sebuah organisasi/perusahaan dapat mengetahui langkah apa yang harus mereka tempuh untuk menghadapi persaingan yang ada.Contoh : Nokia melakukan survei terhadap konsumennya mengenai fitur apa saja yang seharusnya terdapat dalam sebuah ponsel.
    • Knowledge Goal Operational : sasaran yang hendak dicapai yang bersifat jangka pendek dan berhubungan dengan operational suatu organisasi atau perusahaan.Contoh : Pembuatan menu Help guna memudahkan user menggunakan suatu program dalam suatu organisasi/perusahaan.
    • Knowledge Goal Normatif : mengubah dan membangun suatu budaya pada suatu organisasi/perusahaan sehingga para karyawannya dapat menerapkan dan menyebarkan knowledge yang telah didapatnya.  Contoh: para manager dan bawahannya membiasakan diri untuk melakukan sharing atas knowledge yang mereka dapatkan.

    2.  Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge

    acquisition?

    • Knowledge Identification

    Mengidentifikasi knowledge apa saja yang terdapat dalam suatu organisasi/perusahaan kemudian menyebarkan dan menerapkan knowledge tersebut di dalam organisasi/perusahaan yang bersangkutan.

    Contoh : menempatkan karyawan yang lulus dari jurusan psikologi pada bagian HRD.

    • Knowledge Acquisition

    Mengambil knowledge yang berasal dari luar organisasi/perusahaan untuk diterapkan dalam organisasi/perusahaan, dimana knowledge tersebut belum dimiliki oleh organisasi/perusahaan yang bersangkutan.

    Contoh : Menerapkan SAP, dimana perusahaan tersebut belum memiliki SAP.

    3 . Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification

    (Struktural, activities, behavioral) ?

    • Structural

    Mengidentifikasikan knowledge yang dibentuk dari stuktural organisasi/perusahaan berupa prosedur,struktur organisasi/perusahaan dan standar kerja.

    • Activities

    Mengidentifikasikan knowledge dalam bentuk aktivitas seseorang dalam suatu organisasi/perusahaan.Contoh : aktivitas seorang sekertaris adalah mengatur jadwal pertemuan,melakukan pekerjaan yang bersifat administratif.

    • Behavioral

    Mengidentifikasikan knowledge dari sisi budaya kerja dalam suatu organisasi/perusahaan.Cotohnya : melakukan meeting setiap minggunya untuk membahas dan memecahkan permasalahan yang ada.

    4.  Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari

    knowledge goal dan knowledge identification?

    Mengidentifikasi knowledge apa saja yang dimiliki oleh suatu organisasi/perusahaan kemudian menetapkan knowledge goal apa saja yang hendak yang dicapai oleh suatu organisasi/perusahaan. Dari kedua hal tersebut, barulah Kita dapat mengetahui fitur apa saja yang ingin kita hasilkan dengan knowledge yang kita miliki.

    5 .  Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge

    seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge

    map, berikan penjelasannya?

    • Menurut Denham Grey

    Knowledge mapping is about making knowledge that is available within an organisation transparent, and is about providing the insights into its quality.

    • Menurut Willem-Olaf Huijsen, Samuel J. Driessen, Jan W. M. Jacobs

    Knowledge mapping is a process by which organisations can identify and categorise knowledge assets within their organisation – people, processes, content, and technology. It allows an organisation to fully leverage the existing expertise resident in the organisation, as well as identify barriers and constraints to fulfilling strategic goals and objectives. It is constructing a roadmap to locate the information needed to make the best use of resourses, independent of source or form.

    • Menurut W. Vestal, APQC, 2002 (American Productivity & Quality Center)

    Knowledge Map describes what knowledge is used in a process, and how it flows around the process. It is the basis for determining knowledge commonality, or areas where similar knowledge is used across multiple process. Fundamentally, a process knowledge map contains information about the organisation’s knowledge. It describes who has what knowledge (tacit), where the knowledge resides (infrastructure), and how the knowledge is transferred or disseminated (social).

    Contoh knowledge map : website perusahaan

    Menurut Saya,tipe knowledge activities cocok digunakan pada knowledge map karena menggambarkan aktivitas penggunaan knowledge secara spesifik dalam suatu organisasi/perusahaan.

    Note : pengertian knowledge map diambil dari

    http://ezinearticles.com/?Knowledge-Mapping&id=9077

    This entry was posted in Tugas Knowledge Management, Tugas Personal. Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *